Selasa, 12 April 2011

Ritme: Mengenal sifat2 ketukan.

Dari birama-birama tadi, kita bisa mengerti bagaimana sebuah birama terbentuk dan diharapkan kita menjadi lebih memperhatikan hitungan dalam satu buah ketukan.
Kemudian kita akan mengenal karakter tiap-tiap ketukan dalam sebuah birama. Ada dua jenis karakter ketukan yang ada dalam sebuah birama, yaitu: Downbeat, dan Backbeat. Downbeat memiliki karakter yg kuat, sedangkan backbeat cenderung lebih lemah. Karena itulah downbeat dipakai untuk meletakkan dasar pondasi akord oleh bas, dalam sebuah rhythm section. Apa itu rhythm section? akan dibahas selanjutnya.
Kembali ke downbeat, jadi pada ketukan inilah terjadi penekanan-penekanan pada permainan instrumen. Sedangkan untuk mempertegas backbeat akan dikerjakan oleh unsur harmony, dalam harmony section.
Letak beat-beat ini dapat dijelaskan seperti berikut:

-Pada birama 4ketuk:

| 1 2 3 4 |

Downbeat: 1 dan 3
Backbeat: 2 dan 4


-Pada birama 3ketuk:

| 1 2 3 |

Downbeat: 1
Backbeat: 2 dan 3


-Pada birama 2ketuk:

| 1 2 |

Downbeat: 1
Backbeat: 2

Dari semua pembahasan tadi, perlu dipahami bahwa butuh konsistensi untuk memainkan ketukan-ketukan tadi, karena jarak dari satu ketukan ke ketukan berikutnya, ataupun hitungan dalam satu ketukan sekalipun, haruslah mempunyai tempo yang sama. Konsistensi, itu kuncinya.
Jadi sepertinya cukup untuk pembahasan unsur ritme ini. Pelajari dan pahami proses terbentuknya birama-birama tersebut.

-kegiatan:
berlatih konsisten dengan ketukan-ketukan di atas...!

-N'Blues-


------
X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar